Pidato Tentang "KENAKALAN REMAJA"

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah SMK ADISUMARMO, yang saya hormati bapak Drs. Atmanto selaku guru Bahasa Indonesia dan yang saya sayangi teman-teman sekalian.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayahNya kepada kita sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul tanpa ada halangan apapun.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang bertema tentang “KENAKALAN REMAJA”

Hadirin yang berbahagia,
Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi ambang batas yang kewajar. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kita dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang melalui media elektronik atau kita melihatnya langsung di lingkungan sekitar kita.

Bapak guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi. Bapak guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor-faktor menunjang akan perubahan prilaku dikalangan remaja, sebagai contoh :
- kurangnya kasih sayang orang tua.
- kurangnya pengawasan dari orang tua.
- pergaulan dengan teman yang tidak sebaya.
- peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif.
- tidak adanya bimbingan kepribadian dari sekolah.
- dasar-dasar agama yang kurang
- tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya
- kebebasan yang berlebihan
- masalah yang dipendam

Bapak guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Ada bebeberapa cara yang mungkin bisa jadikan usaha untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja, Khususnya buat diri kita sendiri agar tidak ikut terjerumus kedalamnya, diantaranya:
- Perlunya pendidikan agama sejak dini yang rutin yang berguna untuk mempertebal
  keimanan diri kita sendiri.
- Mentaati nasehat - nasehat yang telah kita terima khususnya dari orang tua kita atau dari
  orang lain (guru, orang yang lebih berpengalaman atau teman-teman kita).
- Jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dan hukum dianggap salah.
- Mempunyai konsep hidup yang benar.
- Menyusun rencana masa depan dengan untuk kehidupan dan masa depan yang baik.

Bapak guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Tidak ada hal yang terindah dalam hidup ini selain kita mengisi dan menjalani hidup ini dengan ha-hal yang baik. Oleh karena itu, lewati hari-hari kita dengan kegiatan-kegiatan positif.

Bapak guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Sekian pidato dari saya. Mohon maaf bila ada salah kata, dan bila ada kelebihan, semua itu semata-mata dari Allah SWT.

Akhir kata dari saya, terima kasih atas semua perhatiannya.

Wabillahi taufik walhidayah Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment